MENIT BERITA

UPDATE BERITA TERPOPULER SEPANJANG HARI

Tim PPIH Arab Saudi di Tanah Suci Siapkan Posko Bagi JCH Jika Tersesat

2 min read

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Tim Sentra Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dari Indonesia di wilayah sektor tanah suci menyiapkan posko khusus bagi jemaah haji Indonesia di Madinah, Arab Saudi apabila “tersesat” pada saat menjalankan ibadah haji.

“Namanya Petugas khusus siap membantu. Jika rombongan jemaah haji terpisah dari tim atau kelompok. Tentu ada posko kita siapkan. Ini gabungan sentral, di dalamnya termasuk tim PPIH embarkasi Makasssar akan kawal rombongan asal kloter Makassar,” kata Kaswad Sartono selaku Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Embarkasi Makassar, Senin (15/7/2019).

Lebi lanjut, Ketua Sektor 2 Makkah, Kaswad Sartono menjelaskan posko untuk pengaduan atau penampungan aspirasi dan informasi bagi jemaah yang kesasar didirikan sejak 2018 lalu. Hal ini dikarenakan banyak jemaah haji salah alamat.

Oleh karena itu, pihak PPIH dari berbagai daerah tergabung dalam sentral petugas khusus membentuk posko untuk memudahkan pada jemaah apabila tidak mengetahui jalan.

“Petugas haji Sektor Khusus pada musim haji 2019 membuka delapan posko layanan untuk jemaah jika membutuhkan batuan. Petugas Sektor Khusus (Seksus) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji(PPIH) ada di Madinah dan Makkah,” ungkapnya.

Petugas tim haji Seksus, lanjut dia, menyediakan layanan perlindungan, kesehatan, dan bimbingan ibadah. Dia menjelaskan, pembentukan posko pelayanan Seksus dilakukan berdasarkan hasil pemetaan potensi krisis dan persoalan yang kerap dihadapi oleh jemaah calon haji Indonesia di titik-titik tertentu.

“Termasuk JCH asal embarkasi Makassar dan daerah lain. Umumnya, persoalan yang kerap muncul di kalangan jemaah calon haji berawal dari kebingungan karena terpisah dari rombongan, ada juga kesasar di jalan saat pergi atau pulang ke penginapan,” terangnya.

Adapun titik lokasi posko yakni Pertama di pintu keluar bukit Marwah. Kedua, di bawah Zam-zam Tower. Ketiga, di dekat Hijr Ismail. Keempat, di dalam Masjidil Haram, depan pintu massa. Kelima, di depan Hotel darurat Tauhid. Ke enam, di dekat Babus-Salam.

Sementara itu, Syaifuddin selaku Kepala seksi dokumen haji Kanwil Kemenag Sulsel, posko di tanah suci melibatkan tim embaskasi Makassar di dalmnya.

“Itu adalah salah satu jalan yang disiapkan pos-pos di Arab Saudi. Jadi ada 4.500 tim gabungan itu semuanya tersebar di lokasi pos titik semua di Mekah dan Madina,” katanya.

ARTIKEL INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA BACA PESAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *